Sistem Pemasaran

Sistem Pemasaran

STRATEGI PEMASARAN
Berbagai tekhnik dan strategi pemasaran telah di terapkan dalam pemasaran VCD GENIUS CALISTUNGBAR dan setelah bermacam pengalaman dan evalusi, maka disarankan 3 strategi utama yang paling efektiv dan menguntungkan.
3 strategi tersebut adalah :
  1. Teknik sampling
  2. Teknik spreading (Sistim titip pinjam)
  3. Dealing tahun ajaran baru
1.        TEKNIK SAMPLING
–      Distributor / sales datang ke sekolah, dan menemui kepala sekolah  dengan membawa sampling / contoh produk serta mempresentasikan produk.
–      Apabila ada pemesanan, di catat dan diproses berdasarkan pesanan.
KELEBIHAN TEKNIK INI :
–      Tidak diperlukan stock produk yang banyak, karena penambahan/order stock disesuaikan dengan jumlah pemesanan yang ada.
–      Resiko kerusakan/kehilangan produk sangat minimal
KELEMAHAN TEKNIK INI :
–      Pihak sekolah lebih tertarik jika melihat langsung isi vcd, sedangkan tidak semua sekolah memiliki laptop/komputer/vcd-dvd player, karena itu sales/ distributor harus membawa laptop unutk presentasi langsung, namun hal ini bisa diatasi dengan meminjamkan VCD sampling ke kepala sekolah selama 1 hari, agar bisa melihat isi vcd.
–      Beberapa sekolah kurang menyenangi teknik ini, karena pihak sekolah harus mempromosikan VCD ini kepada siswa / wali siswa di sekolahnya, hal ini biasanya dianggap memberatkan oleh pihak sekolah/orang tua siswa.
2.        TEKNIK SPREADING
Teknik ini adalah teknik yang paling di sarankan, yaitu apa yang kami sebut sebagai tekhnik titip-pinjam , dimana kita datang langsung ke sekolah, lalu menghubungi kepala sekolah untuk MEMINJAMKAN VCD ini ke semua siswanya untuk dicoba dirumah masing-masing SELAMA 1 HARI, setelah 1 hari kita ambil kembali, bagi mereka yang berminat dapat membeli ke sekolah, bagi yang tidak berminat mengembalikan ke sekolah.
Dengan cara ini, pengalaman kami dan seluruh distributor, sekitar 30% dari VCD yang dipinjamkan TERJUAL, dan sangat effektif karena adanya penjualan bisa dipastikan setiap hari, dan yang tidak terjual pada hari itu juga bisa dipinjamkan ke sekolah yang lain.

cara ini sangat berhasil karena :

  • Sekolah sangat senang karena siswanya dipinjami materi pendukung pelajaran
  • Sekolah sama sekali tidak terbebani karena tidak ada kewajiban membeli, bahkan dapat bonus Rp. 2000,- s/d 5.000  /pcs VCD yang terjual ( jumlah ini tergantung kebijaksanaan tiap-tiap distributor yang menentukan)
  • Siswa dan orang tua dapat menyaksikan dan menikmati langsung materinya dengan menyetel dirumah
  • Secara psikologis seorang anak TK akan sangat senang dengan tampilan isi VCD ini dan pasti sangat ingin memilikinya, tidak rela jika harus dikembalikan.
  • Orang tua juga sangat suka membeli produk ini,karena telah melihat isinya yang menarik dan bermanfaat, selain itu juga jaga-jaga kalau anaknya ingin menyetel lagi keesokan harinya.
dengan cara ini, kunci kesuksesan kita adalah : MEMINJAMKAN sebanyak-banyaknya VCD ini kepada Siswa , untuk kemampuan menjual jangan khawatir,karena produk ini kami rancang untuk mampu menjual dirinya sendiri, karena unik,menarik dan bermanfaat.
Beberapa hal yang SANGAT PENTING untuk diperhatikan dalam teknik ini :
–      Diperlukan jumlah stock yang memadai agar bisa meminjamkan lebih banyak produk pada siswa
–      Jumlah Stock yang boleh di bawa oleh tiap sales dibatasi,misalkan tiap sales membawa stock 200 keping, jika terjual 10 keping baru ditambahi stock 10 keping, hal ini agar sales disiplin dalam menjaga jumlah stock yang dipinjamkan, serta untuk menjaga agar stock yang dimiliki distributor dapat efektif di transaksikan , bukan hanya diberikan ke sales lalu ditumpuk/tidak ditransaksikan.
–      JANGAN meminjamkan produk lebih dari 1 hari,pengertian 1 hari adalah 1 hari vcd ini berada ditangan siswa untuk diputar di rumah.
–      Peminjaman lebih dari 1 hari beresiko :
o   Kerusakan / kehilangan produk
o   Minimnya penjualan, karena siswa sudah bosan karena sudah terlalu lama menyetel VCD berulang-ulang di rumahnya, INGAT : Semakin lama waktu peminjaman , akan semakin sedikit yang terjual dan resiko kerusakan semakin besar.
3.        DEALING TAHUN AJARAN BARU
Teknik ini PALING EFEKTIF digunakan menjelang tahun ajaran baru TK / PAUD / PLAY GROUP. Prinsipnya adalah kita menjalin kerjasama dengan pihak sekolah dimana VCD GENIUS calistungbar menjadi fasilitas bagi setiap siswa baru yang mendaftar di sekolahnya.
Bentuk kerjasamanya adalah :
–      Pihak sekolah memasukkan / menambahkan biaya pembelian VCD Genius Calistungbar ( include) dalam biaya pendaftaran siswa baru disekolahnya
–      Pihak Distributor memberikan sponsor atas penerimaan siswa baru, misalkan dalam bentuk membuatkan spanduk penerimaan siswa baru,atau bentuk lain yang bisa disepakati kedua belah pihak.
Teknik ini sangat berhasil karena :
  1. Keuntungan buat pihak sekolah :
    1. Pihak sekolah mendapat nilai plus dalam promosinya : dimana setiap siswa yang baru mendaftar akan langsung mendapat VCD GENIUS CALISTUNGBAR sebagai hadiah langsung saat pendaftaran
    2. Hal ini akan menjadi daya saing yang sangat positif, karena jarang sekali sekolah yang memberikan fasilitas hadiah langsung bagi siswa yang mendaftar disekolahnya, kalaupun ada belum tentu relevan dengan materi pelajaran yang akan dipelajarinya.
  1. Keuntungan buat siswa dan orang tua siswa : sambil menunggu masa sekolah dimulai, calon siswa dapat mempelajari banyak hal dengan memutar VCD Genius Calistungbar di rumahnya, sehingga ketika masuk sekolah dia jauh lebih siap dan sudah memiliki pengalaman akan materi-materi yang akan dipelajarinya di sekolahnya, selain itu juga orang tua dapat mendampingi saat menonton dan menimbulkan kesan yang mendalam kepada anaknya bahwa belajar dan sekolah di TK / PAUD / Play group akan sangat mudah dan menyenangkan
Beberapa hal yang SANGAT PENTING untuk diperhatikan dalam teknik ini :
Dalam menentukan bentuk sponsorisasi yang akan diberikan kepada pihak sekolah, distributor harus benar-benar memperhitungkan jumlah VCD yang akan terbeli dalam penerimaan siswa baru di sekolah bersangkutan, karena jumlah siswa baru ditiap sekolah berbeda maka tentu saja bentuk sponsor bisa berbeda untuk tiap sekolahnya.

Teknik Mengatasi keberatan atau penolakan dari pihak sekolah

Beberapa pertanyaan dan kendala ketika menghadapi pihak sekolah
  1. Maaf mas, kami lagi sibuk/repot?
Solusi
    1. Minta waktu sebentar saja Ibu, kurang lebih 5-10 menit, kebetulan kami pas lagi di sini
    2. Ya Ibu, Silahkan di lanjutkan, kami tunggu Ibu, atau bisa di wakilkan salah satu guru yg lain biar kami jelaskan
    3. Terima kasih Ibu, Besok kami akan datang pukul 09:00
  1. Harganya kok mahal?
Solusi
a.   Harga kita murah dan bisa di jangkau oleh wali murid Bu
b.   VCD kami di proteksi (Anti Pengcopyan dan pembajakan) dan Original jadi membutuhkan biaya yg ga murah juga
c.   Terdapat game edukatif yg bisa di jalankan di komputer, bila di bandingkan di toko2 yg lain harga bisa 50.000 s/d 100.000
d.   Sebelumnya kita sudah survai dengan kelayakan harga jual vcd ini
  1. Kalau VCD ini di pinjamkan ke siswa/wali murid kemudian rusak gimana?
Solusi
    1. VCD ini di proteksi dan Original jadi kemungkinan kecil rusak
    2. Kl ada yg rusak maka kami akan ganti jika pada saat proses peminjaman 1-3 hari (umumnya peminjaman)
  1. Kalau VCD ini hilang gimana?
Solusi
    1. Kalau hilang nggak mungkin bu, tapi yg sering terjadi kelupaan tidak di bawa, karena melebihi proses peminjaman
    2. Nanti kalau lupa terus ngga di bawa-bawa , saya minta alamat akan kami datangi rumahnya, terima kasih
  1. Di sini banyak yg ga punya vcd player ataupun komputer/laptop
Solusi
    1. Rata-rata sekarang sudah banyak yg punya vcd player karena harganya yg murah dan terjangkau,
    2. Kalaupun ga punya bisa juga di jalankan menggunakan komputer atau laptop
  1. Komisi yg buat sekolah ko sedikit?
Solusi
    1. Kita memberikan komisi maksimal Rp3.000 /pcs, karena vcd kami sangat murah di bandingkan dengan vcd lain
    2. Tujuan kami agar semua wali murid mampu membeli vcd ini
    3. Utk operasional kami dan menutupi subsidi silang dengan sekolah lain karena setiap penjualan lakunya beda
  1. Saya sebagai kepala sekolah takut di kira bisnis dan komersil?
Solusi
    1. Kita tidak jualan pada hakekatnya kita kayak mirip perpustakaan keliling, kami pinjamkan , kalau wali murid tertarik dan minat dibeli kalau tidak di kembalikan ga masalah
    2. System kami sukarela tidak ada paksaan sama sekali, juga selain itu kita sertakan surat pemberitahuan ke wali murid dan mereka pasti jelas dengan surat yg kami buat,
  1. Vcd ini ga sesuai dengan kurikulum pendidikan
Solusi
    1. VCD ini merupakan program pendamping dari kurikulum
    2. Merupakan inovasi baru, dengan materi yg menarik dan jelas, tentulah anak akan senang dan belajar dan cepat menguasai
    3. Program kita merupakan program home study, seluruh keluarga bisa belajar
  1. Maaf mas, minggu ini lagi sibuk, kapan-kapan aja ya mas?
Solusi
    1. Terima kasih Bu, ini kesempatan yg bagus kebetulan sekolah ini diberikan kepercayaan utk mendistribusikan vcd ini ke siswa/wali murid dengan di pinjami terlebih dahulu, ini kesempatan langka
    2. Sekolah ini maju Bu, dengan di pinjami anak-anak akan merasa mudah di dalam belajar dan tahu isinya dulu, dengan system ini siswa/wali murid tidak di rugikan malah untung ada perkenalan produk seperti ini, jika tertarik bisa di beli jika tidak bisa di kembalikan karena ga ada unsur paksaan sama sekali
Semoga Sukses

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s